30 Agustus 2010

Panduan I'tikaf


I'tikaf merupakan salah satu ibadah penting di bulan Ramadhan. Secara harfiah, i'tikaf adalah tinggal di suatu tempat untuk melakukan sesuatu yang baik. Dengan demikian, i'tikaf adalah tinggal atau menetap di dalam masjid dengan niat beribadah guna mendekatkan diri kepada Allah SWT.


Penggunaan kata i'tikaf di dalam al Qur'an terdapat pada firman Allah SWT:
"Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa." (QS Al Baqarah 2:187)

Di luar bulan Ramadhan, seorang muslim bisa beri'tikaf di masjid kapan saja, namun dalam konteks bulan Ramadhan, maka dalam kehidupan Rasulullah SAW, i'tikaf bisa dilakukan selama sepuluh hari terakhir.

Di antara rangkaian ibadah dalam bulan suci Ramadhan yang sangat dipelihara sekaligus diperintahkan (dianjurkan) oleh Rasulullah SAW adalah i'tikaf. I'tikaf merupakan sarana muhasabah dan kontemplasi yang efektif bagi muslim dalam memelihara dan meningkatkan keislamannya, khususnya dalam era globalisasi, materialisasi dan informasi kontemporer.

Hukum I'tikaf
Para ulama telah berijma' bahwa i'tikaf khususnya 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan merupakan suatu ibadah yang disyariatkan dan disunnahkan. Rasulullah SAW sendiri senantiasa beri'tikaf pada bulan Ramadhan selama 10 hari. Aisyah, Ibnu mar dan Anas ra meriwayatkan: "Rasulullah SAW selalu beri'tikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan" (HR. Bukhari dan Muslim)

Hal ini dilakukan oleh beliau hingga wafat, bahkan pada tahun wafatnya beliau beri'tikaf selama 20 hari. Demikian pula halnya dengan para sahabat dan istri Rasulullah SAW senantiasa melaksanakan ibadah yang amat agung ini. Imam Ahmad berkata: "Sepengetahuan saya tidak ada seorangpun dari ulama yang mengatakan bahwa i'tikaf itu bukan sunnah."

Keutamaan dan Tujuan I'tikaf
Abu Daud pernah bertanya kepada Imam Ahmad, "Tahukah Anda hadits yang menunjukkan keutamaan i'tikaf?" Ahmad menjawab,"Tidak, kecuali hadits yang lemah. Namun demikian tidaklah mengurangi nilai ibadah i'tikaf itu sendiri sebagai taqorrub kepada Allah SWT. Dan cukuplah keutamaannya bahwa Rasulullah, para sahabat, para istri Rasulullah SAW dan para ulama salafusholeh senantiasa melakukan ibadah ini.

I'tikaf disyariatkan dalam rangka mensucikan hati dengan berkonsentrasi semaksimal mungkin dalam beribadah dan bertaqorrub kepada Allah pada waktu yang terbatas tetapi teramat tinggi nilainya. Jauh dari rutinitas kehidupan dunia, dengan berserah diri sepenuhnya kepada Sang Kholiq (Pencipta). Bermunajat sambil berdoa dan beristighfar kepada-Nya sehingga saat kembali lagi dalam aktifitas keseharian dapat dijalani secara lebih berkualitas dan berarti.

Ibnu Qoyyim berkata, "I'tikaf disyariatkan dengan tujuan agar hati beri'tikaf dan bersimpuh di hadapan Allah, berkhalwat dengan-Nya, serta memutuskan hubungan sementara dengan sesama makhluk dan berkonsentrasi sepenuhnya kepada Allah."

Macam-macam I'tikaf
It'ikaf yang disyariatkan ada dua macam:
1. I'tikaf sunnah, yaitu it'ikaf yang dilakukan secara sukarela, semata-mata untuk bertaqorrub kepada Allah seperti i'tikaf 10 hari terakhir pada bulan Ramadhan
2. I'tikaf wajib yaitu yang didahului dengan nadzar atau janji, seperti ucapan seseorang "kalau Allah ta'ala menyembuhkan penyakitku ini, maka aku akan beri'tikaf di masjid selama tiga hari", maka i'tikaf tiga hari itu menjadi wajib hukumnya.

Waktu I'tikaf
Untuk i'tikaf wajib tergantung pada berapa lama waktu yang dinadzarkan, sedangkan i'tikaf sunnah tidak ada btasan waktu tertentu. Kapan saja, pada malam atau siang hari, waktunya bisa lama dan juga bisa singkat, minimal dalam madzhab Hanafi: sekejap tanpa batas waktu tertentu, sekedar berdiam diri dengan niat. Atau dalam madzhab Syafii: sesaat atau sejenak (yang penting bisa dikatakan berdiam diri), dan dalam madzhab Hambali, satu jam saja.

Terlepas dari perbedaan pendapat ulama tadi, waktu i'tikaf yang paling afdhal pada bulan Ramadhan ialah sebagaimana dipraktekkan langsung oleh Baginda Nabi SAW yaitu 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

Tempat I'tikaf
Ahli fiqh berbeda pendapat tentang tempat yang boleh dijadikan untuk i'tikaf. Abu Hanifah dan Ahmad berpendapat bahwa i'tikaf harus dilakukan di masjid yang selalu digunakan untuk berjama'ah, sedangkan Malik dan Syafii berpendapat bahwa i'tikaf boleh dilakukan di masjid manapun baik yang digunakan untuk sholat berjamaah ataupun tidak.

Sedangkan pengikut syafiiyah berpendapat bahwa sebaiknya i'tikaf itu dilakukan di masjid jami' yang biasa digunakan untuk sholat jum'at, agar ia tidak perlu keluar masjid ketika mau melakukan sholat jum'at, dan lebih afdhol lagi bila i'tikaf itu dilaksanakan di salah satu dari tiga masjid, masjid Al Haram, masjid Nabawi atau masjid Al Aqsho. (lihat: Al Mughni 4/462, Fiqh Sunnah 1/402)

Syarat-syarat I'tikaf
Orang yang i'tikaf harus memenuhi kriteria-kriteria sebagai berikut:
1. Muslim
2. Berakal
3. Suci dari janabah (junub), haidh dan nifas
Oleh karena itu i'tikaf tidak sah dilakukan oleh orang kafir, anak yang belum mumaiyiz (mampu membedakan), orang junub, wanita haidh dan nifas.

Rukun I'tikaf
1. Niat yang ikhlas, hal ini karena semua amal sangat tergantung pada niatnya.
2. Berdiam di masjid (QS Al Baqarah:187)

Awal dan Akhir I'tikaf
Bagi yang mengikuti sunnah Rasulullah SAW dengan beri'tikaf selama 10 hari terakhir bulan Ramadhan, maka waktunya dimulai sebelum terbenam matahari malam ke-21 sebagaimana sabda Rasulullah SAW, "Barangsiapa yang ingin i'tikaf dengan aku, hendaklah ia i'tikaf pada 10 hari terakhir"

Adapun waktu keluarnya atau berakhirnya yaitu setelah terbenam matahari pada hari terakhir bulan Ramadhan. Akan tetapi beberapa kalangan ulama mengatakan yang lebih mustahab (disenangi) adalah menunggu sampai akan dilaksanakannya sholat ied.

Hal-hal yang Disunnahkan di Saat I'tikaf
Disunnahkan bagi orang yang beri'tikaf untuk memperbanyak ibadah dan taqorrub kepada Allah SWT, sepeti sholat sunnah, membaca Al Qur'an, tasbih, tahmid, tahlil, takbir, istighfar, shalawat kepada Nabi SAW, doa dan sebagainya.

Namun demikian yang menjadi prioritas utama adalah ibadah-ibadah mahdhah. Bahkan sebagian ulama seperti Imam Malik, meninggalkan segala aktifitas ilmiah lainnya dan berkonsentrasi penuh pada ibadah-ibadah mahdhah.

Dalam upaya memperkokoh keislaman dan ketaqwaan, diperlukan bimbingan dari orang-orang yang ahli, karenanya dalam memanfaatkan momentum i'tikaf bisa dibenarkan melakukan berbagai kajian keislaman yang mengarahkan para peserta i'tikaf untuk membersihkan diri dari segala dosa dan sifat tercela serta menjalani kehidupan sesudah i'tikaf secara lebih baik sebagaimana yang ditentukan Allah SWT dan Rasul-Nya.

Hal-hal yang Diperbolehkan
Orang yang beri'tikaf bukan berarti hanya berdiam diri di masjid untuk menjalankan peribadatan secara khusus, ada beberapa hal yang diperbolehkan.
1. Keluar dari tempat i'tikaf untuk mengantar istri, sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW terhadap istrinya Shofiyah ra (HR. Bukhari Muslim)
2. Menyisir atau mencukur rambut, memotong kuku, membersihkan tubuh dari kotoran dan bau badan
3. Keluar ke tempat yang memang amat diperlukan seperti untuk buang air besar dan kecil, makan, minum, (jika tidak ada yang mengantarkan), dan segala seusatu yang tidak mungkin dilakukan di masjid. Tetapi ia harus segera kemabli setelah menyelesaikan keperluannya.
4. Makan, minum dan tidur di masjid dengan senantiasa menjaga kesucian dan kebersihan masjid.

Hal-hal yang Membatalkan I'tikaf
1. Meninggalkan masjid dengan sengaja tanpa keperluan, meski sebentar, karena meninggalkan masjid berarti mengabaikan salah satu ruku i'tikaf yaitu berdiam di masjid. Bila seseorang keluar dari masjid, maka begitu ia hendak melanjutkan i'tikaf lagi, ia harus memulai niat baru lagi ketika masuk masjid lagi.
2. Murtad (keluar dari agama Islam)
3. Hilang akal, karena gila atau mabuk
4. Haidh
5. Nifas
6. Bersetubuh dengan istri, tetapi memegang tanpa nafsu (syahwat) tidak apa-apa sebagaimana yang dilakukan Nabi dengan istri-istrinya
7. Pergi sholat Jum'at (bagi mereka yang memperbolehkan i'tikaf di musholla yang tidak dipakai sholat Jum'at).


Sumber: Panduan Ramadhan DPW PKS DKI Jakarta

http://www.pks-jaksel.or.id/Article1426.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Karena banyak yang mengalami kesulitan dalam mengisi komentar, berikut panduan singkatnya:
Untuk memberi komentar tanpa login, silahkan pilih 'Name/URL' pada kolom 'Beri komentar sebagai', lalu masukkan nama anda (URL silahkan dikosongkan). Kemudian masukkan komentar yang ingin disampaikan. Terimakasih

Ikhlas itu Perkara Hati

Sahabat, mari bicara tentang keikhlasan. Ikhlas adalah perkara hati, karenanya tidak ada yang berhak memberikan penilaian hanya berdasarka...