08 Desember 2011

Mau Pilih Bahagia??

Syukuri apa yang ada
hidup adalah anugerah
tetap jalani hidup ini
melakukan yang terbaik

Tuhan pasti 'kan menunjukkan
kebesaran dan kuasaNya
bagi hambaNya yang sabar
dan tak kenal putus asa
(D'masiv - Jangan Menyerah)

Siapa yang belum pernah denger lagu di atas??? ngacung!! Hayyo ngaku aja, tar tak kasih CD gratis! hi hi...
*KIDDING ahh! (takut ditagih, lah wong sayanya aja 'nda punya kok)

Gini..., gini....  Inti lagu di atas adalah kita diminta untuk tetap SEMANGAT, PANTANG MENYERAH, dan SELALU BERSYUKUR atas setiap episode hidup yang kita jalani.  Beragam manusia di dunia, masing-masing punya rejeki, ujian, keadaan, peran, dan peruntungan yang tak mungkin seragam.

23 November 2011

Cari Makanan Khas Bangka, Asli??!

Assalamu'alaikum Abang, Ayuk, Akang, Teteh, Bapak, Ibu, Umi, Abi, dan semua pencinta Makanan Khas Bangka.  Yang punya selera Bangka ASLI!!
Pengen tetep ngerasain cita rasa keaslian khas Bangka di Kota Bandung??!
Ga perlu jauh-jauh pulang kampung, ngabisin ongkos!

Mending mampir sini yukk!! WARUNG BANGKA ASLI !

Dijamin PUAS DAN PAS!!
PAS Di hati, PAS di lidah, PAS di kantong

11 November 2011

Kami Percaya

Indonesia
Tak risau hati kami kepadanya
Karena di sini, kami hidup untuk mati
Di masa tangan-tangan akrab menggenggam runcingan bambu
Di zaman darah, harta, nyawa menjadi bagian dari sumbangsih

Merdeka!!
Indonesia mandiri, terhormat
Bukan di bawah awasan kuasa penjajah
Tidak direndahkan juga merendahkan
Itu tekad kami!
Itu cita-cita kami!

HEBOH DALAM KERETA


“Ha ha ha…”
“Beneran itu teh?? aneh bener sih!”
“Emang, saya juga kaget.  Asli gokil pisan!”
“Sstttt…!!” seru seorang penumpang yang posisinya paling dekat dari tempat kami duduk.  Tersadar, suara gelak kami berlima sedari tadi mengganggu ketentraman penduduk kereta jurusan Bandung-Yogyakarta sore ini.
“Kamu tuh, ketawanya paling kenceng!” aku berbisik.
“Udah, emang dari tadi kita semua berisik.  Malu nih, jadi pusat perhatian”
Aku melempar senyum kepada beberapa penumpang yang masih melirik ke arah kami.  Perjalanan wisata aku bersama empat lelaki tidak tampan, teman sekantorku kali ini dimulai pada malam hari.

08 November 2011

Al hamwu Al mautu (Ipar adalah Kematian)

Beberapa hari yang lalu saya milad, dan senangnya karena moment ini bertepatan dengan syukuran kecil-kecilan di keluarga, sehingga seluruh anggota keluarga berkumpul.  Saya mendapatkan kado dari dua orang kakak perempuan saya, salah-satunya adalah buku "Chicken Soup For Muslim", berisi tentang kisah-kisah nyata yang mengandung banyak hikmah dan pelajaran.

Kisah demi kisah demikian membuat saya larut dalam pelajaran yang sangat berharga.  Sungguh sulit dipercaya bahwa kisah itu nyata, benar-benar terjadi.  Salah-satu kisah yang endingnya membuat saya sangat tercengang adalah cerita yang berjudul "Ipar adalah Kematian".  Berikut saya salin kembali kisahnya (semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita semua) :

28 Oktober 2011

Ahmad Zamzam Zainal Muttaqiin (Ceng Zamzam)

Mendengar nama Zamzam, sebagian besar orang akan langsung membayangkan satu sosok yang begitu dekat dengan Alqur'an.  Lantunan tilawahnya yang syahdu cukup untuk membuat saya mengistirahatkan sejenak telinga dari aktivitas pendengaran lainnya.

Lebay?? ah tidak juga.  Sejak dulu saya memang selalu terenyuh mendengar bacaan Alqur'an yang begitu indah, dan salah-satunya adalah dengan irama yang biasa dilantunkan oleh Zamzam. Ada rasa yang tak biasa.  Menurut saya, inilah ajaibnya Alqur'an. 

Setiap telinga saya menangkap suara seperti itu, entah melalui corong speaker masjid, putaran kaset, di kampus, televisi, atau di mana saja, rasanya seperti ada magnet yang menarik hati saya untuk mempertajam pendengaran.  Saya akan diam sembari membayangkan, siapa sesungguhnya yang menebar alunan indah itu?

25 Oktober 2011

Perjalanan Hidup - Sebuah Perenungan -


Sesosok bayi mungil belajar menatap dunia.  Tanpa dosa, tanpa beban, tanpa tanggungjawab, tumbuh dalam kasih sayang ayah bunda tercinta.  Adakah resah jika belum mengenal dosa, adakah benci karena belum terjebak rasa, adakah keserakahan bila belum terpikat harta dunia.  Dalam kelemahan dan ketidakberdayaannya, bunda kerahkan seluruh tenaga, waktu, pikiran, hingga nyawa untuk kehidupan dan harapan sang bayi.  Ayahpun tak lelah mengorbankan segala kemampuan demi nafas dan detak jantungnya.  Seakan semua rela diberikan hanya untuk kebahagian anak tersayang.

13 Oktober 2011

Biarkan Rumah Itu Tegak Berdiri di Sana (Part 1)

Kisah berikut hanyalah sebagai bahan renungan serta evaluasi bagi kita semua, tentang pentingnya hijrah untuk berlindung dari sebuah tindak kedzoliman. Semoga Allah SWT menjauhkan kita dari perbuatan dzolim, sekecil apapun.
(Nama dan tempat disamarkan).

Dari Jabir Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Jauhilah kedholiman karena kedholiman ialah kegelapan pada hari kiamat, dan jauhilah kikir karena ia telah membinasakan orang sebelummu." Riwayat Muslim.

Biarkan Rumah Itu Tegak Berdiri di Sana

"Tolonglah, Den.  Kasian kakak kalian." Ibu tua itu masih bersikeras mempengaruhi menantu lelaki satu-satunya.  Rudi, kakak sang Istri tentulah yang memohon agar Emak membantu negosiasi.

"Tapi, Mak.  Kami untuk apa tanah di sana. Di sini juga dah lebih dari cukup.  Rumah sama lapang di sini sangat luas."

"Masak mau tinggal di sini terus? Kapan-kapan kan kalian bisa pindah ke sana.  Juallah rumah di sini, jauh dari kota, jauh dari sodara.  Bikin rumah di sana, biar kumpul."

11 Oktober 2011

Nulis Cara Gue!

Rangkaian kata adalah duniaku, menulis adalah bagian dari hidupku.  Meski belumlah nyata sumbangsih karya yang mampu kugoreskan, setidaknya aku bisa merasakan bahwa menulis adalah salah-satu caraku untuk berbagi.

Kejadian apa saja yang aku alami, amati atau dengar, dapat menjadi inspirasi yang sejatinya merupakan bahan baku untuk memulai jalinan kata.  Karena setiap kejadian tak akan lepas dari hikmah.  Dan hikmah inilah yang kemudian ingin aku bagi, dalam bentuk paparan kalimat yang ringan dan mudah dipahami.

Teringat dulu ketika belum memiliki komputer atau laptop pribadi, aktivitas menulis sepenuhnya dilakukan pada lembaran kertas, entah itu buku catatan sekolah, kertas bekas fotocopyan, hingga bagian kosong dari modul kuliah

06 Oktober 2011

Jodoh Ibarat Angkot

Saya memang pengguna setia jasa angkutan dalam kota alias angkot, setidaknya sejak merantau ke Bandung.  Dulu, sewaktu di daerah saya biasa menggunakan sepeda motor.  Eitss, jangan salah!! Gini-gini saya jago lho,, kebut-kebutan juga berani.  Klo liat fisik saya yang imut dan lucu pasti heran da, kok bisa sih?? Nahan motor aja masih harus jinjit

Back to angkot!!  Sejak tinggal di kota, inilah nasib yang harus saya jalani.  Mobil pribadi ga punya, naek motor juga ga dibolehin sama mama.  Dipikir-pikir memang rada serem sih.  Kondisi jalan yang semrawut, ditambah berita kecelakaan yang tak jarang mampir di telinga atau bahkan pada pandangan mata, memang bikin nyali rada-rada ciut juga.

15 September 2011

Riweuh sorangan alias sibuk sendiri

Bandung, 15 September 2011

Sudah tiga hari aku sibuk menyusuri lemari dan rak buku, setelah sebelumnya mengingat-ingat apa yang bisa aku ingat.  Yah, meski koleksi bukuku memang banyak yang hijrah hingga berbulan bahkan tahuan di kediaman orang, ternyata harus aku akui ada beberapa juga buku orang yang betah menetap di tempat tinggalku.

13 September 2011

Bayangan Kematian

Bandung, 13 September 2011
*Bersama detak jantung yang masih bekerja di luar keadaan normal.

Satu pekan terakhir, ada satu hal yang demikian mengusik.  Ah, entah mengusik atau apa namanya, yang kutau ia selalu bermain dalam rasa dan pikiran.  Sesuatu yang terus saja mengikuti, layaknya sebuah bayangan.  Ia yang terkadang membuatku menangis ketakutan sekaligus sedih, namun juga larut dalam kerinduan.  Sesuatu itu adalah bayangan kematian.

08 September 2011

STOP, Jangan Su'udzon donk!!!

Sore itu (7/9/11) saya naik sebuah angkutan umum yang hampir penuh dengan penumpang. Saya segera masuk ke bagian pojok belakang karena masih terdapat satu tempat, meski dengan space yang kecil karena seorang ibu di pojok meletakkan barang bawaan di atas kursi. Saya duduk tepat di samping barang bawaannya.

05 September 2011

Ramadhan, satu/dua belas

Ramadhan, bulan mulia yang penuh keutamaan, sesaat lagi akan kembali meninggalkan kita. Rasanya baru saja kita larut dalam euforia, hanyut bersama aura kebahagiaan menyambut kehadiran bulan yang selalu diridukan oleh orang2 mukmin ini. Sangat cepat!! Yah, terlalu cepat!!

18 Agustus 2011

Kyai Menentang Anaknya Berjilbab?


Seorang anak kyai menghadap Ayahanda yang sedang duduk sambil membaca berita pagi di teras rumahnya.

"Ayah..." nada suaranya tampak ragu.

"Ehhm, ada apa?"

"Aku punya satu permintaan." Kali ini suaranya terdengar sedikit lebih meyakinkan.

"Ada apa lagi?! Aku tidak akan mengizinkan jika itu masih berhubungan dengan pikiran gilamu.  Sudah kau baca buku yang kemarin??!" Dengan sedikit meninggikan suaranya, Pak kyai melepas koran di tangannya.  Ia menatap lekat-lekat wajah sang anak.

28 Juli 2011

Ini harapan Ramadhanku, apa harapanmu?

Ramadhan in sight, ramadhan di depan mata.  Banyak harapan dan segunung target ingin diraih, agar ramadhan tidak berlalu sia-sia.  Agar keberadaannya tak terbuang percuma.

Berbahagialah menyambut bulan ramadhan, karena rasulullah bersabda:
“Barangsiapa yang bergembira datangnya bulan Ramadhan, diharamkan Allah jasadnya menyentuh api neraka”. (An-Nasa’i).

So, minimal berbahagialah!!

07 Juli 2011

Seribu Anakku


“Pergilah nak, kini kau telah dewasa, telah pantas bagimu merangkul senjata ini”.  Seorang ibu dengan tatapan ketegaran berbicara tanpa ragu dihadapan putra bungsunya.  

 “Ibu ingin kau pergi berperang.  Tunjukkan keberanianmu di hadapan zionis-zionis itu.  Wujudkan impianmu, ikuti jejak fathi kakakmu, jemputlah kemuliaan syahid.  Yakinlah bahwa Yahudi laknatullah tak ada apa-apanya dihadapan Allah, karena hanya Dialah yang Maha Besar.”  Lanjutnya seraya mamantapkan pita jihad di kepala sang anak tercinta.   

09 Juni 2011

INGKAR

Ingkar lagi!
Kali ini
Untuk kali kesekian pertemuan

Lupakah pada janji yang setiap tahun kau ucapkan?

02 Juni 2011

Marketing Da’wah

Saya teringat perkataan salah seorang Murabbi terdahulu…:"qta, para aktivis dakwah ibarat sales. Produk qta adalah Islam…,sehingga segala gerak-gerik dan perkataan qta hendaknya bermuatan "promosi"…." (mungkin kurang lebih seperti itu pesan yang hendak ia sampaikan).


Hal ini pasti memang akan dirasakan oleh setiap da’i, khususnya wanita muslimah dengan balutan hijab yang konsisten menutupi seluruh auratnya. 

06 Mei 2011

Satu nama Tiga kepala

Sering kita mendengar dalam satu keluarga ada penamaan khusus. Yah.... semacam nama keluarga besar gitu deh.
Umumnya yang sama adalah nama belakang, bisa jadi nama bapak, atau memang satu nama khusus yang diberikan untuk melengkapi nama belakang seluruh anak dalam keluarga tertentu.

Tapi, gimana klo yang disamakan adalah nama depan sang anak?? Pernah denger ga?

Saya pernah...saya pernah...!!
di mana??

25 April 2011

Nanti ketemu di sana yah....!


Satu kalimat yang begitu aku suka. Entahlah, tapi bagiku kalimat itu begitu damai, mampu menentramkan hati yang sedang berduka saat menghadapi kata perpisahan.

Tidak percaya??

18 April 2011

Metamorfosis Di balik Musibah


Musibah tak selamanya berakhir duka. Ada saatnya ia justru mengundang syukur yang mendalam saat hikmah di balik musibah telah mampu dirasakan.
Hidayah tak selalu hadir dalam nuansa bahagia. Namun dalam bentuk apapun ia menyapa, pasti akan berbuah bahagia pada akhirnya.
Terkadang Allah justru menunjukkan hidayah di balik kelamnya musibah, bagi siapa saja yang Dia kehendaki. Di bawah ini adalah salah-satu kisah tentang bagaimana cara Allah memberikan hidayahnya kepadaku, setelah perenungan panjang yang aku lakukan saat mengalami musibah.

12 April 2011

JODOH

"Masih mandangi foto itu?!"
Hening

"mba’..."
 "Eh..., iyo ris?"

Riska menatap iba, sekaligus iri. Ada binar rindu pada raut ayu kakaknya. Rindu yang delapan tahun belakangan tak kunjung terlabuhkan. Rindu terpendam pada wajah dalam foto, yang tak lepas ditatap dalam munajat selepas duha dan qiamul lail, seperti pagi ini.

31 Maret 2011

Andai ga punya HP (part 1)


Pernah ngebayangin g sih, hidup tanpa handphone (HP)???

ribet, kuno, g praktis,,, de el el...
(bukannya justru HP yg bikin ribet, dgn segala panggilan yang mengusik di sepanjang siang dan malam??)

ok..ok....kita akuilah HP memang udah jadi barang W.A.J.I.B.
bahkan jaman sekarang, orang udah g musim lagi cuman pegang satu HP..., bisa dua,
tiga,
empat malah lebih.... (tau deh buat apaan??!)
(sstt..saya termasuk penganut SETIA pada satu pasangan..ups..satu HP lho)

25 Maret 2011

ISTIQOMAH


"syukurlah kakak sudah sadar"
"aku masih hidup!! aku di mana?!"
gadis itu merapihkan kerudung lebarnya, sebelum menyodorkan minumam
"semalam kakak...."
"arrghhhh...!!"
"terluka, sepertinya lelaki semalam membawa benda tajam"

semalam..., lelaki.... Aku ingat.

07 Maret 2011

Butiran Hikmah Yang Bertebaran


Impian adalah harapan yang memang sudah sewajarnya dimiliki oleh setiap manusia. Memiliki banyak cita-cita dapat menjadi motivasi untuk terus berusaha dan bekerja keras. Tetapi ada kalanya, ketika usaha telah maksimal, harta telah dikeluarkan, pikiran dan tenaga telah dikuras, ternyata cita-cita tak kunjung diraih. Tak jarang kekecewaan menjadi akhir perjuangan. Calon mahasiswa yang tidak berhasil lulus SPMB sangat rawan menjadi sasaran bersarangnya kekecewaan.

25 Februari 2011

Sisi Terindah Kasih Sayang



Seorang lelaki menziarahi saudaranya karena Allah, lalu Allah mengutus malaikat kepadanya menanyakan, “Hendak ke mana kamu?”  Ia menjawab, “Aku hendak mengunjungi saudaraku si Fulan.”  Malaikat bertanya, “karena suatu keperluanmu yang ada padanya?”  Ia menjawab, “Tidak.”  Malaikat bertanya, “Karena kekerabatan antara dirimu dan dia?”  Ia menjawab, “Tidak.”  Malaikat bertanya, “Karena nikmat yang pernah dilakukannya kepadamu?”  Ia menjawab, “Tidak.”  Malaikat bertanya, “Lalu karena apa?”  Ia menjawab, “Aku mencintainya karena Allah.”  Malaikat berkata, “Sesungguhnya Allah telah mengutusku untuk menemuimu dan memberitahukan bahwa Dia mencintaimu karena cintamu kepadanya, dan Dia telah memastikan syurga untukmu.”  (H.R.Muslim).

18 Februari 2011

Ikrar Cinta Ditelan Gelombang


Sebuah Komitmen
            Sekilas, tak ada yang istimewa dari sosoknya di mata Dini.  Lelaki biasa, bahkan terlalu biasa.  Seorang mahasiswa yang untuk memenuhi biaya kuliahnya saja ia harus rela berjualan, mencari dana secara mandiri.  Namun kedekatan terjadi seiring dengan kebersamaan mereka dalam salah-satu organisasi bergengsi di kampus, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).  Saat sama-sama bekerja sebagai pengurus itulah, Dini akhirnya mampu membuka mata untuk melihat sisi lain dari kepribadian Victor.

17 Februari 2011

Ngobrol sama Hantu


Suasana kamar temaram.  Jendela kayunya terbuka, menampakkan rimbunnya pohon rambutan di halaman rumah.  Malam itu listrik mati, saya sendirian berada di dalam kamar.  Tiba-tiba, dari arah jendela terdengar suara menyapa, “Neng…” 
Saya segera melihat ke arah suara.  Benar saja, tepat di jendela terlihat seorang ibu tua, mengenakan kebaya lusuh dengan sanggul di rambut ubanannya, menatap tajam ke arah saya.
            “iya Bu?” saya menjawab santun.  “Neng siapa namanya?” ibu itu bersuara lagi.
 “saya Dian, Bu…” masih dengan nada menghormati, saya meladeni ibu tua itu.

10 Februari 2011

Writing workshop + Beauty Class

Hubungi saya:
YM/email => dean_83wfyh@yahoo.co.id
fb => Wafiyyatunnisa Asy Syu'lah

Lovely Lebaran seri Laa Tahzan

Buku Antologi Lovely Lebaran, seri La Tahzan
Rp.40.000,- (belum termasuk ongkos kirim)
pemesanan/informasi hubungi:
YM: dean_83wfyh
email: dean_83wfyh@yahoo.co.id
fb : Wafiyyatunnisa Asy syu'lah

04 Februari 2011

Buku antologi LOVELY LEBARAN


Alhamdulillah...akhirnya buku antologi saya yang kedua terbit juga
Buku ini masih sodaraan ama buku antologi saya yang pertama, yaitu buku antologi lovely ramadhan

Untuk buku antologi Lovely Lebaran ini, terbagi menjadi dua seri. Ada Lovely Lebaran Serendipity dan La Tahzan Lovely Lebaran...

29 Januari 2011

Urgensi Ilmu…

(2004 M)

- Short Reflection Tinta -

Knowledge is power, Ilmu adalah kekuatan. Sebaris kalimat singkat ini tampaknya cukup untuk mengungkapkan betapa tinggi kedudukan ilmu di dalam kehidupan manusia. Ilmu merupakan sumber kemuliaan dan harga diri, awal dari segala amalan, serta kunci kesuksesan yang utama. Dengan ilmu seseorang akan memiliki tingkat derajat yang lebih tinggi.

Ikhlas itu Perkara Hati

Sahabat, mari bicara tentang keikhlasan. Ikhlas adalah perkara hati, karenanya tidak ada yang berhak memberikan penilaian hanya berdasarka...