28 Oktober 2011

Ahmad Zamzam Zainal Muttaqiin (Ceng Zamzam)

Mendengar nama Zamzam, sebagian besar orang akan langsung membayangkan satu sosok yang begitu dekat dengan Alqur'an.  Lantunan tilawahnya yang syahdu cukup untuk membuat saya mengistirahatkan sejenak telinga dari aktivitas pendengaran lainnya.

Lebay?? ah tidak juga.  Sejak dulu saya memang selalu terenyuh mendengar bacaan Alqur'an yang begitu indah, dan salah-satunya adalah dengan irama yang biasa dilantunkan oleh Zamzam. Ada rasa yang tak biasa.  Menurut saya, inilah ajaibnya Alqur'an. 

Setiap telinga saya menangkap suara seperti itu, entah melalui corong speaker masjid, putaran kaset, di kampus, televisi, atau di mana saja, rasanya seperti ada magnet yang menarik hati saya untuk mempertajam pendengaran.  Saya akan diam sembari membayangkan, siapa sesungguhnya yang menebar alunan indah itu?


Banyak, banyak yang memiliki pita dan lagam suara begitu jernih dalam membawakan kalam Ilahi, dan Zamzam hanyalah salah-satunya.

Istimewanya, Zamzam masih seorang anak kecil (sekarang sih udah remaja, he he).  Tapi bagi saya tetap luar biasa.  Jarang saya menemui, atau setidaknya sepanjang pengamatan saya yang jauh dari kehidupan pesantren, seorang anak demikian konsisten dan terjaga sejak kecil.  Kafaah dan pengamalan ilmu agamanya patut diacungi jempol, untuk anak seusia remaja.

Saya pertama mendengarnya membaca cuplikan alqur'an dan hadits pada sinetron Islam KTP.  Dan selalu, setiap adegan itu hadir saya akan diam.  Ah, sulit menjabarkan apa yang terjadi dengan hati saya saat suara itu keluar.  Intinya adalah, saya selalu 'jatuh cinta' setiap mendengar alunan suaranya.

Di antara keseluruhan pemain Islam KTP, justru Zamzam yang jarang kehadirannya yang paling saya idolakan.  Bukan, bukan layaknya penggemar mengidolakan selebritis, karena saya tidak pernah berfikir bahwa Zamzam adalah seorang artis.  Bagi saya kedudukan seseorang yang dekat dengan Alqur'an, fasih dan memiliki pemahaman serta hafalan akan ayat Alqur'an jauh lebih hebat dibanding selebritis biasa.
Seperti dituturkan oleh Zamzam dalam status fbnya : "sorry I'm not a super stars,,but I'm just a litle humble ustadz,,,,hehe" (21 September 2011: 9.36 WIB).

Suatu hari, pada detik-detik menjelang Ramadhan 1432 H (31 Juli 2011 sore) saya menghadiri acara semarak Ramdhan di Pusdai.  Ternyata Zamzam menjadi pengisi acara.  Ia bersama beberapa santri Ash Shiddiqiyah melantukan shalawat yang tak kalah indah dengan alunan tilawahnya.  Beberapa jam saya larut dalam suara indah Zamzam.  Luar Biasa!!  Saya bahkan memburu CD shalawatnya yang memang tidak dijual bebas, meski harus melalui perjalanan yang cukup berliku.

Sejak itu beberapa informasi saya dapatkan, bahwa ternyata Zamzam memang sejak kecil dididik untuk istiqomah bersama Alqur'an.  Ia beberapa kali mengikuti kejuaran MTQ dan pernah meraih juara tingkat nasional bahkan internasional.

Sempat terfikir, betapa beruntung dan bangga kedua orangtuanya.  Tapi, tentulah Zamzam yang sekarang justru tak lepas dari peran dan doa yang teramat besar dari orangtua.  Pasti bukan hal ringan dan mudah untuk membimbing seorang anak di tengah gejolak dunia yang semakin beragam oleh problema.

Terkadang lucu juga mengamati obrolan Zamzam bersama teman seusianya. Khas anak-anak.  Tapi bagi saya justru ini harus dipertahankan, karena bagaimanapun, anak-anak tetaplah anak yang tak boleh luntur ciri kekanak-kanakannya.  Yah, dia masih anak-anak.  Lalu bagaimana dengan kita?  Bukankah SEHARUSNYA perjalanan dan pengalaman hidup yang sedikit lebih lama telah memberikan waktu yang panjang, untuk lebih berinteraksi dengan Alqur'an?  SEHARUSNYA.  Tapi toh jika tidak, tidak ada kata terlambat.

 Ya, begitulah.  Zamzam adalah sosok anak kecil yang banyak memberikan inspirasi.  Inspirasi untuk semakin mencintai Alqur'an.  Semakin akrab hingga dapat menjadi sahabat Alqur'an.  Saya ingin, dengan perjuangan untuk selalu istiqomah bersama Alquran pada akhirnya menular, hingga Allah menganugerahkan saya keturunan yang juga cinta akan Alqur'an, faham Alqur'an, bahkan seorang hafidz Qur'an.  Allahumma Aamiin.

Jadi, jangan tanyakan kenapa saya menjadi fans Ceng Zamzam.  Saya mencintai, atau setidaknya sedang berusaha mencintai Alqur'an.  Karena itu, selalu ada perasaan kagum, untuk orang-orang yang bisa demikian akrab bersama Alqur'an.  Selalu saja salut, untuk mereka yang dapat dengan indah memperdengarkan kalam Ilahi, apalagi jika mereka masih anak-anak.

Allahummarhamnii bilqur'an.

NB: Sekedar informasi untuk yang mencari alamat fb zamzam yang ASLI (Karena terdapat beberapa akun fb yang diduga milik Zamzam oleh para fansnya), zamzam hanya punya satu akun fb yaitu 'Ceng Zamzam'. Silahkan klik link ini: Ceng Zamzam on facebook

atau ketikkan alamat : http://www.facebook.com/profile.php?id=100001406927996&sk=wall

Sekali lagi, Zamzam sendiri mengakui hanya punya SATU alamat fb yaitu: Ceng Zamzam

atau ketikkan alamat : http://www.facebook.com/profile.php?id=100001406927996&sk=wall


 #  Zamzam (Nama lengkap Ahmad Zamzam Zainal Muttaqiin) lahir di Garut Jawa Barat, tanggal 5 Desember 1997.
Sekarang bersekolah di MAN Garut kelas 10 #

113 komentar:

  1. Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. ada emailnya gak teh?
    soalnya fbna udah gak bsa di add.

    BalasHapus
  3. iy,,,fbnya skrg dah full,,,,
    gabung aja di groupnya: Sahabat Zamzam
    ni linknya: http://www.facebook.com/groups/252383764825148/?notif_t=group_activity

    BalasHapus
  4. assalamualaikum.. salam kenal mbak ak anak jogja.. cuma mau tanya punya link download lagu2 atau album zamzam ?? kalo ada kasih tau mbak, itung2 menyenangkan hati orang itu pahala :) trims..

    BalasHapus
  5. .maav sbelumnya,,,, bisa add facebook ceng zamzam tdak yahh??/

    BalasHapus
  6. Akun dgn nama 'Ceng Zamzam' yang asli udh penuh, jd ga bs mengkonfirm permintaan teman lagi... Tapi ada akun satu lagi,namanya "Ceng Zamzam Yang Kedua' linknya:http://www.facebook.com/profile.php?id=100003388152889

    masih bisa di add InsyaAllah.

    Atau gabung di group sahabat Zamzam, linknya: http://www.facebook.com/groups/252383764825148/

    Hati-hati untuk AKUN PALSU yang mengatasnamakan Zamzam, nama akunnya juga sama 'Ceng ZamZam', linknya: http://www.facebook.com/profile.php?id=100003277016236

    INGAT link yang terakhir ini akun PALSU!!

    hehe... :)

    BalasHapus
  7. ka. zam zam udah punya pacar blm

    BalasHapus
  8. zam'' pacarannya nanti, setelah nikah.. heheheheee

    BalasHapus
  9. teh ko yg kedua jg ga bsa di add sih :(
    teh bleh tau biography lengkapnya Azam ga ?

    BalasHapus
  10. kaya'nya sih utk akun kedua jarang dibuka sama zam''....

    oy, skrg group sahabat zamzam (Sazam) ada satu lg... linknya: http://www.facebook.com/groups/407703849275590/

    Group yg ini dibuat lgsung sama zamzam...

    tp kedua groupnya InsyaAllah ttp rame kok... :)

    selamat bergabung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. afwan teh boleh mnta numb. azam g9 ???????
      kalau boleh sms in ya k numb. 089658579165

      Hapus
  11. annisa nur permata sholehah27 Juli 2012 pukul 16.22

    Assalamualaikum ..
    Teh teh sawios abdi gabung di facebook atanapi di jejaring sosial, soalna abdi hoyong gabung rerencangan sareng Ceng Zamzam. Hatur nuhun teh sateuacannana.

    BalasHapus
  12. annisa nur permata sholehah28 Juli 2012 pukul 02.46

    Oh hatur nuhun atuh teh...
    Teh bade tumaros,sawios? kunaon FAcebook nu ka dua teu tiasa dibuka..
    Nuhun.

    BalasHapus
  13. ass
    teh aku mau nanya kalau umur ceng zamzam berapa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. zamzam lahir 5 Desember 1997,,, jd nnti Desember 2012, umurnya 15 taun :)

      Hapus
    2. oh beda satu hari dong sama anna, kalau anna tanggal 6 desember 1997.

      Hapus
    3. hehehe, iyah
      teh mau ikut ke rumah a zam" gak ?? :D

      Hapus
  14. ASS
    Teh aku mau tanya kalau rumah ceng zam zam dimana ????
    please bales yah (^-^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah kirain di daerah bandung
      soalnya anna mau ketemu.

      Hapus
    2. zamzam sering kok k bandung... daerah cimahi, soreang... dsb... (tergantung yg ngundang).... :)

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. teh ceng zamzam ga bisa di add fb nya beliau punya blacberry gak?

    BalasHapus
  17. Pemrisi numpang tuanya, apkah zam2 punya twitter??? Plisssss bls nyaaaa

    BalasHapus
  18. terimakasih atas semua informasinya :)
    saya juga termasuk pengagum Ceng Zamzam :)

    BalasHapus
  19. terimakasih atas semua informasinya :)
    saya juga termasuk pengagum Ceng Zamzam

    BalasHapus
  20. Assalamu'alaikum,. nomor hp Zamzam brapa ? :)

    BalasHapus
  21. Assallamuallaikum wr.wb >> Bang ZamZam Punya twitter ??? Kalau iya twitternya apa ?? saya boleh tahu ?? terimakasih..

    BalasHapus
  22. Assallamualaikum .., bang zamzam pnya twitter ?? kalau punya namanya apa ?? trimakasih , wassallamualaikum..,

    BalasHapus
    Balasan
    1. zamzam pernah bilang, katanya gak punya twitter...

      Hapus
    2. Oo ,, tapi saya mengikuti pny orang nmanya Ceng Zamzam ,, dn sya bertanya pada dirinya tapi ktanya "iya ini twitternya zamzam" >??

      Hapus
    3. yups... fb yg mengaku zamzam jg banyak banget.. namanya persis malah.. dan waktu ditanya.. malah ada yg bilang sumpah... padahal palsu... fb zamzam yg dipake' skrg hanya ada satu... barusan zamzamnya update status ttg hari ibu.. :') :) ^__^

      Hapus
  23. Assalamu'alaikum wr.wb
    Salam ta'aruf buat semua
    mau tanya...?
    saya mau lirik lagu ceng zam-zam yang menggunakan tulisan arabnya seperti alhamdu lillah wasyukrulillah, solatulloh....dll....
    dimana yah saya bisa mendapatkannya
    terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    BalasHapus
  24. Asalamu alaikum. Teh nisa tolong hapus nomor hp sy di atas. Trnyata ada kesalah pahaman banyak org yg menyangka aku ini zamzam. Padahal aku waktu itu mencantumkan nomor n pin sy cuma mau informasi aja kalo tau no hp dan pin zamzam tolong infokan ke saya. Tp tnyata malah aku di sangka zamzam

    BalasHapus
  25. asalamualaikum.. teteh salam taaruf dari orang c anzur, teth teth tuh cpa nya azam? Napa yg slalu bls nya tuh teth trus napa gx azam nya ajj? Af1 teh dah lancang..heum

    BalasHapus
    Balasan
    1. wa'alaikummussalam,, salam ta'aruf juga.... :)
      tth bukan siapa2nya zamzam de'.... hnya org yg mengagumi... atau mo dibilang fans jg boleh.... kaya' informasi di atas jg dah disebutin knp tth ngfans ama ceng zamzam.... :)

      knp yg bls selalu tth, krn ini blog tth.. yg nulis tulisan di atas jg tth.... dan zamzam gk punya akses k sini...

      klo mo berhubungan ama zamzam, dan mau dbls lgsung sama zamzamnya, bs ke fb nya atau gabung di group sazam community.., alamat/link nya ada di atas. . . hehe

      Hapus
  26. azamnya udah dewasa sekarang mah......=)

    BalasHapus
  27. SUKSES bwt ceng Zamzam, , mkch bwt teteh . .

    BalasHapus
  28. assalamu'alaikum wr.wb,,,,afwan teh wafiyyatunnisa kenalin ea nie eli karlina dari kuningan jawabarat....mang teteh dari mna ea lw boleh tw???????????mmmmmmmmm satu kampung ama ceng zazam ugan,

    BalasHapus
  29. Wa'alaikummussalam wr wb.... lam kenal jg :)

    saya di bandung, klo zamzam di garut,,, hehe

    BalasHapus
  30. oooooooooooo,,,,,,,,,,,,,,,,,,dari bandung,,,,

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum. Teh mau Tanya berapa ea No Peci nya ceng Zamzam,,?

    BalasHapus
  32. wa'alaikummussalam.... hhmm brp y?? hehe.... standar utk umur 15-16 tahunan aja.... :D

    BalasHapus
  33. ceng zamzam bikin saya lebih kental lagi dengan agama saya !

    BalasHapus
  34. mf teh, kalo boleh tau, neng riffa siti rohmah itu siapa nya ceng zam zam yah? Ade nya bkan?

    BalasHapus
  35. owh iyah, makasih yah teh atas info nya. Saya juga penggemar berat ceng zam zam

    BalasHapus
  36. afiyatul mustakimah9 April 2013 pukul 08.48

    assalamualaikum,,,
    maf teh ku mw nanya zamzam itu mondok ngga?
    klo mondok di pesantren mna?
    tolong bls ya teehh,,,,,,,,,,,,!!!!

    BalasHapus
  37. wa'alaikummussalam wr wb.....
    rumah zamzam mmg deket pesantren (pesantren milik orangtuanya sendiri), yaitu pesantren ash shiddiqiyah di cilawu garut...
    tp untuk sekolah, zamzam sekolah di MAN (madrasah aliyah) Garut.....

    BalasHapus
  38. syukron ukhty,infonya mantab bgt,anna jg pengagum ceng zazam,dan tanpa sengaja anak anna namanya azzam,semoga nasibnya sama ya,jd pengen masukin anak ke pondok assidiqiyyah...
    Salam kenal ya ukhty

    BalasHapus
  39. kalau tahu alamat pondok pesantrennya,post lg ya ukhty

    BalasHapus
  40. pesantren assidiqiyyah nya ada cabang ga di jakarta ?

    BalasHapus
  41. alamat pesantrennya:

    Kp.Sukaluyu RT/ 04/04, Des.Sukamukti, Kec.Cilawu, Kab.Garut 44181,

    kaya'nya sih blom ada cabangnya..... :)

    BalasHapus
  42. dulu aku pernah kenal sma zamzam
    pernah sms'n
    prnah tlpon"an
    bahkan sbagai kk adik
    tpi skrg dia ngilang gitu aja
    :'(

    BalasHapus
  43. saya mau tanya, zamzam punya twitter tidak? soalnya ada yg ngaku-ngaku nih twitternya @mutaqim_azam .

    trus zamzam itu punya geng namanya DAZAL gak? (DAZAL itu singkatan dari nama depan personil gengnya)

    trus zamzam udah punya pacar blom? soalnya yg ngaku-ngaku ini udah punya pacar namanya Ade Aryani.

    oya 1 lagi, zamzam punya kaka yg nama twitternya @ZanaLove2 bukan?

    BalasHapus
  44. berdasarkan pengakuan zamzam melalui fb aslinya:

    1. zamzam gk punya twitter, dan seandainya nanti suatu saat punya, InsyaAllah akan dikabarkan melalui fb ke group Sazam Community

    2. Zamzam gk punya pacar, dan InsyaAllah gk akan pacaran karena mau konsen belajar dulu

    3 Zamzam gk punya kakak, karena zamzam adalah anak pertama dari 4 bersaudara (1 orang adik perempuan, dan 2 orang adik laki2)

    Untuk tau informasi lebih akurat tentang zamzamn, silahkan gabung d group Sazam Community, karena zamzam sendiri sering update di group tersebut...

    Selamat bergabung :)

    BalasHapus
  45. okey makasih kak infonya :)
    berarti orang ini cuman ngaku-ngaku doang jadi zamzam.

    BalasHapus
  46. oya kak, ini nama fb yg ngaku-ngaku jadi zamzam http://www.facebook.com/profile.php?id=100004694619744

    trus ini twitternya https://twitter.com/mutaqin_azam

    BalasHapus
  47. o iya,,, itu bukan fb zamzam yang asli.... dan memang ada banyak fb ceng zamzam palsu....

    BalasHapus
  48. Minggu jam 01:12 ceng zamzam belum juga tiba di Elos I Babakanciparay Bandung untuk tawsiah (acara memberingati Isra'Mi'raj)...kasihan adik2 yg nunggu sejak ba'da Isya. entah jam berapa ceng zamzam akan tiba .

    BalasHapus
  49. Jam 01:20 ada kabar dari panitiya...ceng zamzam baru bisa datang nanti subuh... akhirnya acara bubar. kasihan anak saya yg baru kelas 3 SD.... Alhamdulillah sekarang ada kepastian jadi anak2 bisa diajak pulang u/ tidur.

    BalasHapus
  50. alhamdulillah..akhirnya ceng zamzam datang juga (jam 02:20)...anak-anak mpe nunggu di jalan. pas masuk gang, ceng zamzam di iringi anak2 sambil baca sholawat..kelihatan sekali anak2 seneng banget. sayang hanya sebagian kecil anak2 yg merasa bahagia..karena sebagian besar sdh pd pulang... mdh2han ceng zamzam selalu diberikan kesehatan oleh Nya...amin

    BalasHapus
  51. assalamualaikum?salam kenal teh zaenal subang,owh iya boleh minta nope ceng zamzam?

    BalasHapus
  52. ass
    kak bagaimana caranya mau masok k grub ceng zam zam

    BalasHapus
  53. @Zaenal: salam kenal juga... mohon maaf saya gk punya nope pribadi ceng zamzam.... hanya punya nope managernya... :)

    @rusydiah: akun facebooknya apa? biar nanti saya masukkan k grup...

    BalasHapus
  54. assalamualaikum, teh boleh mnta nmer hp teteh gk???

    BalasHapus
  55. Muhammad Bima Munandhar28 Desember 2013 pukul 17.38

    Assalamualaikum. . .
    Teh Sekarang Azzam Kelas Brapa?

    BalasHapus
  56. Muhammad Bima Munandhar1 Januari 2014 pukul 09.54

    Oooo... Masak Iya? Soalnya Aq Juga Kelas XI, Kegiatan Dia Sehari - Hari Apa Teh?

    BalasHapus
  57. oh ... Gitu kah ..
    Tapi fb nya udah nggak bisa di tambah teman ....
    Azzam punya akun lain atau email nggak yaa ...
    Kalau ada kasih tahu yaa ...
    Aku pengen jadi kaya dia ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. twitternya @IndahnyaBersho2 linknya https://twitter.com/IndahnyaBersho2

      terus fans page FBnya : Indahnya bershalawat, linknya https://www.facebook.com/pages/Indahnya-Bersholawat/231917017005622?fref=ts

      Hapus
    2. iya deh teh

      Hapus
  58. Assalamu'alaikm,.. tteh wafiy.
    psti ank e manz. Blh knal gk + mnta nope@ blh gk? Klo blh,.. blz ksni yach.. 081542429356.

    Tteh,.. ne q lgi dengern shlwt ceng zam",. Trnyata CD@ udh dbajak.

    Blh mnt nope managr@ ceng zam" gk teh? Ya klo blh se nope ceng zam" pribadi.hehe

    35kch tteh wafiy... slm kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. nomor2 managernya: 0813-2321-8336
      0852-9416-6386
      0821-2900-1910
      0812-2968-1994

      bisa coba ditelpon aja :)

      Hapus
  59. afifah nadhifatul jauza21 Februari 2014 pukul 21.21

    assalamualaikum.... teh saya afifah saya mau nanya sedikit neng rifa siti rohmah itu kls brapa ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. neng rifa kalo gk salah sekarang kelas 6 SD... udh mo lulus dan masuk SMP/MTS

      Hapus
  60. asslamu'alaikum

    teh sekarang kak azam kelas berapa teh

    BalasHapus
  61. assalamu'alaikum
    teh sekar mau tanya lagu indahnya berholawtan yang ke 4 lagunya apa aja teh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wafiyyatunnisa asy syu'lah9 Juli 2014 pukul 15.19

      kayaknya lagu yang baru
      adafaita
      kalimatuka
      ya rasululluloh
      allah allah ghitsna
      lailahailallah
      rohmaka
      habibi
      ashubhubada
      dauman laka

      Hapus
  62. Tehhh.. Saya dr jawa tejgah tepatnya dipemalang. Saya fans berat kaazam.. Blh nanya kaazam prnh dket sm cewe gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wafiyyatunnisa asy syu'lah9 Juli 2014 pukul 15.12

      hehehe kakak azzam belumpunyha pacar atau cewek kalo kak azzam udah nikah entar azzam udah punya jodoh

      Hapus
  63. Ass ...
    Eh teteh2 kok url ny gk bisa di buka ya ??? Pleas respon y ! Soalna aq suka bngt sma azam :) trs aq mau gbng d'group itu ! Tpi url ny gk bisa d'buka .
    Pleas respon th :)

    BalasHapus
  64. Asslmu'alaikum wr wb,duh zam zam itu manis bgt,, y , teh bsa lngsung chating" an m zam" ny lngsung gk ceh

    BalasHapus
  65. rara.azam.332gmail.com27 Juli 2014 pukul 11.15

    kak mau gabung ke sazam community tpi gak bisa....tolong dong kak...pengen gabung...

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.facebook.com/groups/sazcom/?fref=ts ini link fp di facebooknya

      Hapus
  66. kak fbxa kak zamzam dh g' bisa di add....da yng lain g' untuk bergabung ma kak azam
    di bles ya kak....makasih...

    BalasHapus
  67. assalamu'alaikum

    shobahannur khoir "??
    kaifa khaluk "????

    BalasHapus
    Balasan
    1. wafiyyatunnisa asy syu'lah26 Agustus 2014 pukul 17.18

      shobannur,,,,bikhoir alhamdulillah

      Hapus
    2. teteh emang azzam punya adek namanya siapa teh "??

      Hapus
    3. wafiyyatunnisa asy syu'lah26 Agustus 2014 pukul 17.33

      Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    4. wafiyyatunnisa asy syu'lah1 September 2014 pukul 16.01

      Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  68. Syafiiqah Uhibbuka Alana Thashya Alzena Mahabbah1 September 2014 pukul 16.07

    Salam Ta'aruf Kak ...!!!
    Mau tanya , kalau ka azam school MA nya d MA apa ?

    BalasHapus
  69. subhanallallah suaramu indah .... hatiku bs menangis dan air mengalir ktk mndengar suaramu... subhanallalh........

    BalasHapus
  70. kak rifa umurnya berapa ya???
    tahun berapa...

    BalasHapus
  71. Sy pengagum Ceng Zamzam,sy ingin anak sy kelak pintar bersholawat seperti Si Aa Zamzam nama anak sy Ceng fathir minta doanya slm knl...

    BalasHapus
  72. Assalamu alaikum teh... Salam kenal..
    Saya mau tanya maaf kalo agak merepotkan.. Apa aja judul sholawat di album indahnya bersholawat semua vol. Sekali lagi maaf ngrepotin...
    Ohh iya saya jg pengen gabung di grupnya gimana caranya..?? Setiap saya buka link yg teteh tulis masuknya selalu ke profil saya sendiri...
    Terimakasih :-)

    BalasHapus
  73. assalamualaikum,wr.wb
    saya sangat kagum sekali,semenjak saya mendengar terasa merinding,saya sangat berharap sekali semoga anak-anak saya nanati seperti ceng zazam,amiin...amiin...amiin yarobbalalamin,subkhanallah

    BalasHapus
  74. Indah sekali suaranya ka



    Bila butuh kain boleh cek di link berikuthttps://www.bukalapak.com/p/fashion-pria/bahan-kain-2002/22fvy36-jual-sarung-batik-nu?utm_source=apps

    BalasHapus

Karena banyak yang mengalami kesulitan dalam mengisi komentar, berikut panduan singkatnya:
Untuk memberi komentar tanpa login, silahkan pilih 'Name/URL' pada kolom 'Beri komentar sebagai', lalu masukkan nama anda (URL silahkan dikosongkan). Kemudian masukkan komentar yang ingin disampaikan. Terimakasih

Memeluk Kenangan

Saat aku mencoba melupakan namun gagal, Saat itulah aku memutuskan untuk berhenti melupakan. Berdamai. Merangkai kisah dalam ...