02 Januari 2013

KPR BTN Syariah

Alhamdulillah, akhirnya saya bisa punya rumah sendiri.  Prikitieew.

Mau tau ceritanya??

Yah, dengan uang pas-pasan, salah-satu alternatifnya ya via KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Lumayan panjang juga sih, cerita mulai dari survey lokasi sampe' akhirnya tanda tangan akad kredit.  Tapi kurang lebih gini nih rangkumannya.

Pertengahan tahun 2012 lalu, dengan dibantu ortu, akhirnya nemu deh perumahan yang deket-deket sama lokasi rumahnya kakak, sekaligus juga tempat ortu bermukim.  Namanya Perumahan Permata Biru II (karena sebelumnya memang udah ada Perumahan Permata Biru di kawasan cinunuk, tapi sedikit berbeda lokasi).  Kebetulan daerah sana masih banyak perumahan yang baru dibangun.  Jadi, sistemnya kita pesan dulu, baru deh dibangun.

Setelah maen-maen ke developer, baca-baca syarat dan biaya, terus diskusi dan (yang paling penting) istikharah, akhirnya saya memutuskan untuk menjadi salah-satu pemilik kavling tanah dan bangunan di kawasan sana.

Untuk awalan sih saya bayar booking fee dulu (tanda jadi mo beli rumah sekalian milih blok dan nomor rumahnya).  Satu pekan kemudian saya datang lagi untuk bayar DP dari DP (maksudnya jumlah DP sendiri bisa dicicil jadi beberapa kali).  Nah, setelah bayar cicilan DP yang pertama ini, maka rumah sudah siap dibangun.  *Tapi DP harus udah lunas sebelum akad kredit lho yah, jangan kelamaan.  Yah paling tiga bulanan (atau dicicil tiga kali lah).

Selanjutnya, urusan dengan bank.  Perumahan yang saya ambil sendiri kerjasamanya ama BTN (bahkan sempet dikasih nomor kontak pegawai BTN yang bakal bantuin untuk ngurus KPRnya).
Setelah baca-baca dan cari informasi sebanyak mungkin, saya memutuskan untuk mencoba BTN syari'ahnya aja.  Yah, bukan apa-apa sih, biar tenang aja gitu.  Secara saya ngambil cicilannya yang 15 tahun.  Kebayang kan kalo' selama 15 tahun saya masih berkutat dalam keraguan, menentang hati nurani sendiri.  (Ini masalah perbedaan bank konvensional ama bank syari'ah kok.  Saya juga nggak paham-paham amat, hanya sekadar ingin kehati-hatian.)

Setelah telepon developer dan bertanya apakah mereka menerima untuk KPR BTN Syari'ah, ternyata jawabannya alhamdulillah, 'Bisa'.  Lega deh.  Dari sana saya langsung buka rekening di BTN syari'ah.
Untuk masalah ini sebenernya sempet ketar-ketir juga, takutnya jadi dipersulit.  Apalagi ortu awalnya menyarankan yang konvensional aja (dengan alasan karena udah umum, jadi biar nggak ribet).  Tapi ternyata alhamdulillah lancar jaya tuh.

Jadi buat temen-temen yang berniat mau ngambil KPR di bank syari'ah, jangan ragu deh yah.
Dan sekedar informasi, untuk cicilan di bank syari'ah itu sifatnya flat, jadi akan stabil alias sama jumlahnya, dari cicilan pertama sampai dengan cicilan terakhir (nggak naik turun mengikuti suku bunga).

Mengenai persyaratan sendiri, yang standar perlu dipersiapkan antara lain:
- Fotocopy KTP,
- fotocopy Kartu Keluarga,
- slip Gaji dan surat keterangan bekerja (bagi karyawan.  Kalo untuk wirausaha/pengusaha saya kurang paham juga),
- surat keterangan Lurah setempat yang menyatakan belum memiliki rumah (khusus untuk yang mau dapet subsidi),
- fotocopy kartu NPWP,
- SPT tahunan (tahun terakhir aja),
- fotocopy buku tabungan BTN,
- fotocopy buku tabungan bank tempat mutasi gaji (kalo gajinya ditransfer via bank),
- serta beberapa surat pernyataan dari bank atau dari developernya sendiri yang wajib kita isi.

Ini khusus yang single yah.  Kalo yang udah nikah sih ada beberapa tambahan, menyesuaikan dengan status.  He he.

Setelah menyelesaikan pembayaran, menyerahkan seluruh persyaratan, kita akan dihubungi untuk melakukan wawancara dengan pihak bank.  Setelah wawancara, tunggu aja informasi selanjutnya.  Pihak bank akan menghubungi untuk memberitahukan perihal lolos atau tidaknya permohonan KPR kita.  Pengalaman saya sih, dari wawancara ke persetujuan paling hanya satu pekan.

Begitu dinyatakan bahwa persetujuan KPR diterima (ditandai dengan SP3), duh lega rasanya.  Setelah itu, kita tinggal menunggu keputusan untuk akad kredit.
Akad kredit sendiri baru bisa dilaksanakan setelah bangunan secara fisik sudah siap.  SP3 yang dikeluarkan oleh pihak bank, berlaku hingga maksimal 3 bulan.  Jadi sebisa mungkin dalam waktu 3 bulan ini, akad kredit bisa dilaksanakan.  Tapi kalaupun ternyata kondisi tidak memungkinkan, SP3 bisa diperpanjang kok.  Jadi jangan dibikin ribet deh, apalagi sampai nggak bisa tidur.

Nah, tepat tanggal 21 12 12 (21 Desember 2012) kemaren adalah jadwal akad kredit saya.  Bertempat di Gedung BTN syari'ah Bandung, Jalan Cicendo nomor 16, saya beserta pihak notaris saling berhadapan untuk melakukan akad.  Pada saat akad sendiri, ada beberapa persyaratan lagi yang harus dipersiapkan, yaitu:
- Fotocopy KTP (4 lembar)
- Fotocopy Kartu Keluarga (4 lembar)
- Materai senilai 6 ribu rupiah (20 biji)

Wuih, lihat jumlah materainya aja udah kebayang kan betapa banyak berkas yang harus ditandatangani.  Belum lagi termasuk bubuhan tandatangan yang tidak di atas kertas bermaterai.  Tapi ya nggak apa-apa lah, itung-itung olahraga tangan, betul nggak??

Selain itu, jangan lupa untuk mengisi saldo tabungan BTN dengan sejumlah biaya yang harus diselewaikan di awal.  Pada akad kredit ini, kita langsung ditarik cicilan untuk bulan terakhir (misalnya 15 tahun, berarti 180 bulan.  Nah, cicilan ke 180 sudah kita lunasi di awal).  Sehingga mulai bulan selanjutnya (dalam hal ini saya berarti pada bulan Januari 2013), cicilan pertama telah menjadi kewajiban kita, hingga seterusnya sampai dengan cicilan ke 179.  Hehe, lama amat ya.

Sewaktu akad kredit, ada hal yang menggelitik ketika notaris meminta untuk menandatangani satu surat pernyataan yang menyatakan bahwa kita telah memiliki 'kewajiban' KPR.  Sang notaris mengatakan bahwa pemohon masih memiliki jatah 3 rumah lagi.  Karena masing-masing memiliki jatah 4 rumah melalui KPR.  Haha, kok mirip poligami yah.  Tetapi tentu saja pengajuan selanjutnya akan disesuaikan dengan penghasilan yang telah dipotong kewajiban cicilan untuk KPR yang pertama.

O iya, mengenai KPR bersubsidi sendiri, selain harus menyerahkan surat keterangan dari kelurahan setempat, SPT tahunan, fotocopy kartu NPWP, rumah yang dibeli juga tidak boleh disewakan (harus menjadi rumah tinggal) selama minimal 5 tahun ke depan.  Sehingga ini berlaku juga untuk pelunasan kredit (jika ingin melunasi sebelum jangka waktu yang telah ditetapkan), maka baru bisa dilunasi (tunai) minimal setelah 5 tahun.  - Masih sangat berharap dapet rejeki nomplok, sehingga bisa melunasi sebelum 15 tahun, hehe -

Ok, begitu kurang lebih pengalaman saya dalam membeli rumah dengan KPR melalui BTN syari'ah.  Jika sahabat punya pengalaman yang lebih menarik, silahkan sharing di sini.  Apabila ada yang masih kurang jelas, mangga tinggalkan pertanyaan di bagian komentar.

Buat yang udah punya niat buat beli rumah, jangan ragu deh yah maen ke developer, atau minimal buka situsnya.  Semakin banyak informasi yang didapat, insyaAllah akan semakin jelas pula langkah-langkah yang harus diambil.

Semoga sahabat (khususnya yang belum punya rumah), bisa segera mewujudkan cita-cita untuk memiliki hunian idaman yang kondusif dan sehat.

Selamat mencoba.

96 komentar:

  1. KPR = Kredit Pemilikan Rumah atau Kredit Perumahan Rakyat ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman KPR Permata Syariah

      Saya kredit KPR Permata Syariah tahun 2008. Akad murobahah dengan pokok 208 juta dan margin 242 juta (margin 12% fix efektif atau 7,75% fix flat per tahun selama 15 tahun). Cicilannya 2,5 juta per bulan. Saya lihat perbandingan utang pokok dengan margin tidak proporsional. Angsuran awal, margin sangat besar sedangkan pokoknya kecil.

      Saat ini, saya sudah mencicil selama 7 tahun. Jadi uang yang sudah saya setor ke bank adalah 2,5 juta x 12 x 7 = 210 juta. Ternyata pokok utang saya masih 150 juta. Berarti pokok utang yang sudah saya bayar sebesar 208 - 150 = 58 juta. Margin yang sudah saya bayar selama 7 tahun adalah 210 - 58 = 152 juta. Berarti bunga yang saya bayar 152 / 58 = 262% untuk 7 tahun. Ini setara dengan 262% / 7 = 37%. Gila bener. Padahal harusnya 7.75% per tahun nya. Perbandingan margin dengan pokok yang tidak proporsional menyebabkan kenaikan margin dari 7,75% menjadi 37%. INI GILA. Ini lebih besar dari KTA mana pun.

      Gila bener. Perbandingan margin dan utang pokok yang tidak adil sangat merugikan nasabah. Ini berarti nasabah harus membayar margin per tahun lebih besar dari yang disepakati. INI ADALAH KECURANGAN.

      Sistem yang adil adalah persentase margin dan pokok harus sama dari setiap angsuran dari tahun ke tahun. Jika perbandingannya adil, maka utang pokok yang sudah saya bayar adalah (208 / 450 ) x 210 = 97 juta. Sehingga utang pokok saya tinggal 208 - 97 = 111 juta. Berarti saya dicurangi sebanyak 150 - 111 = 39 juta selama 7 tahun. INI GILA.

      WASPADALAH. Saya dicurangi oleh perbankan. Bagaimana dengan ANDA?

      Dan ingatlah. Perbandingan antara margin dan pokok yang tidak adil ini tidak pernah disebutkan oleh bank manapun. WASPADALAH...WASPADALAH

      Hapus
    2. Memang begitu kalau sistem pembayaran KPR dengan bunga annuitas. Di tahun2 awal, pembayaran bunga jauh lebih besar daripada pokok hutang. Semakin lama pembayaran bunga semakin kecil dan pembayaran pokok hutang semakin besar. Tapi jumlahnya selalu tetap. Ini bukan penipuan bank. Klo mba mau belajar ada keterangannya. Saya juga tau ini dari internet. Ada semua penjelasannya kok

      Hapus
  2. o iya, ternyata salah... harusnya Kredit Pemilikan Rumah,, hehe...
    Thanks koreksinya :D

    BalasHapus
  3. Mba, kmaren DP total abis brp?
    Mksh

    BalasHapus
  4. Itu brrti hrga 2012 y?
    Klo surat ktrngan dr lurah tuh bwt subsidi apanya?
    Pngn ih....kyknya thn ini dah tmbah naik lg y hrganya :(

    BalasHapus
  5. iya...harga 2012, biasanya mmg selalu naik sih tiap tahun.. tp coba aja maen ke developernya

    surat keterangan lurah bahwa belum memiliki rumah, syarat utk dapet KPR bersubsidi, jd bs lebih murah :)

    BalasHapus
  6. assalam...
    mbk emang rumah smpean hrga berapa???
    30 jt itu apa sudah trmsuk biaya notaris???
    kalau KPR syariah gaji kita minimal harus brapa mbk???
    JKK
    wassalam...

    BalasHapus
  7. harga rumah sebenernya hanya sekitar 79 juta-an.... 30 juta itu plus biaya2 ke developer,,,

    Gaji minimal utk rumah seharga segitu, sekitar 2,5 atau 3 jutaan....
    tp, utk ke bank sendiri mungkin tergantung platfon kredit yg diajukan, jd misalkan DP lebih besar, platfon kredit bisa lebih kecil..., jd minimal gaji yg diperlukan jg bs dibawah itu...

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Boleh tau ngak? Rumah dengan harga 79 juta itu luas tanah dan bangunan berapa?

    BalasHapus
  10. rumahnya minimalis sekali sih,,, tipe 36 dengan luas tanah 60m2... saya lupa luas bangunannya brp... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. type 36: menunjukkan luas bangunan, yaitu 36 meter persegi

      Hapus
  11. assalamualaikum mbak, apa benar KPR BTN Syariah tidak dikenakan biaya pra realisasi (notaris, pajak2, dll)? saya pernah baca di salah satu blog, menurut pengalaman mbak bgmn?
    terima kasih, wassalamualaikum.

    BalasHapus
  12. wa'alaikummussalam.... berdasarkan pengalaman saya kmren, tetap dikenakan biaya notaris dan pra realisasi, yg harus dilunasi sblm akad kredit.... dan itu tertera pada SP3 :)

    BalasHapus
  13. banjir ga teh..?
    terus gimana suasana dan keamanan perumahannya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah gk banjir dan aman... tp sy jg lum nempatin rumahnya, blom tinggal d sana.. :D

      Hapus
  14. rismitaprihatni7 Mei 2013 pukul 17.38

    oiya..kira-kira notaris biaya berapa sist??

    BalasHapus
  15. rismitaprihatni7 Mei 2013 pukul 17.51

    oya sist...aku juga sudah inden dan develop bekerjasama dengan BTN syariah. 1. saya hendak ambil 15tahun kredit, tapi jika saya menyelesaikan kurang dari 15tahun..apakah saya juga akan mendapat pengurangan harga ???
    2. punya npwp tetapi gaji dibawah 1juta apakah bank juga akan mengetahui jika gaji saya dibawah satu juta??
    3. makasiihh..

    BalasHapus
  16. utk melunasi sebelum 15 tahun, kalau kita mendapatkan subsidi, baru bisa minimal setelah berjalan 5 tahun, dan itu dihitung dari pokok pinjaman ditambah biaya yang ditetapkan oleh pihak bank, jd mmg akan ada pengurangan harga dr keseluruhan pinjaman plus margin jika melunasi sd 15 tahun....

    pihak bank akan mengetahui jumlah gaji dari rincian gaji yang kita berikan, yg ditandatangani oleh pihak kepegawaian, dan biasanya pihak bank akan melakukan survey,,,,

    BalasHapus
  17. berapa persen mbak persentasenya?trimakasih

    BalasHapus
  18. Mau tanya mbak brapa lama waktu tunggu untuk wawancara Bank setelah berkas lengkap dan termasuk DP juga sudah lunas ?

    saya lagi galau neh mabk sudah 3 minggu nunggu pangilan wawancara tapi blum ada kabar juga saya tanya ke devloper katanya tunggu jadwal dari bank

    BalasHapus
  19. dulu saya jg lumayan lama, sekitar satu bulan lebih.... akhirnya saya tanyakan k pihak developer,, dan besoknya saya disuruh datang lgsung ke developernya.... Begitu saya datang k sana, ternyata berkas2 saya msh ada di developer, jd hari itu jg mereka lgsung menghubungi bank dan langsung menjadwalkan utk wawancara (jd dr developer saya lgsung meluncur ke bank, langsung wawancara, dgn membawa sendiri berkas2 yg dulu saya serahkan ke developer)..

    Keputusan hasil wawancara (diterima atau tidak oleh pihak bank, pengajuan kredit kita), tepat satu minggu setelah wawancara....

    BalasHapus
  20. Pada saat akad kredit apakah ada biaya yang harus di keluarkan untuk notaris dan bank(rumah bersubsidi)?

    BalasHapus
  21. Wajib DP ya, misalkan gaji kita mencukupi utk syarat kredit tapi tidak punya tabungan buat dp kira-kira bisa ndak ya pembiayaan tanpa dp....dan pembiayaan 100%

    BalasHapus
  22. saya belum menemukan bank dengan pembiayaan 100%, karena rata2 ada DP sekian % yang harus kita lunasi....

    BalasHapus
  23. Saya beli rumah bekas tanpa dp, buat aja kuitansi bermaterai isi 20% dari harga jual sebagai dp. Bilang ke penjual harga rumah saya naikin melebihi harga yg ditawarkan. Jadilah harga rumah 160jt disetujui juga 160juta sama bank.

    BalasHapus
  24. wooow besar juga ya mba,,total biaya yang diperlukan untuk rumah seharga 79jutaan,,, hmmm >.<

    BalasHapus
  25. minggu lalu saya k developernya lagi, ada temen mau cari rumah.. utk rumah dgn perumahan yg sama, rumah tipe yg sama dan luas tanah jg sama, harganya udh naek jd 88 juta, dgn DP 39jutaan.... pdhl baru saya beli baru setahun yg lalu :D

    BalasHapus
  26. Bole tau g mba brp bunga kpr btn syariah? Thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koq Ҩάƙ dijawab ya mbak admin.. Suku bunga KPR BTN Syariah berkisar berapa % mbak.. Apa benar sekitar 13,5 % untuk saat ini (september 2013) trimss.

      Hapus
    2. eh iya, maaf... saya cek dulu untuk pastinya.. yg saya kmren berapa.... InsyaAllah nanti di share di sini ya.. :)

      Hapus
  27. Mbak,, leh tau gak? waktu wawancara dgn pihak bank itu, apa2 ja yg dtnyain pihak bank nya ke kita?? Klw kira2 penghasilan qta per bln itu totalna cuma 2,2 juta bakal di setujui gak y, kpr nya itu? Thx

    BalasHapus
  28. wawancaranya kaya' ngobrol santai aja kok..., ditanya kenapa ngambil rumah di sana, skrg tinggal d mana, dana dikeluarkan utk konsumsi rutin per bulan, punya tanggungan/nggak, punya kartu kredit/nggak, kesanggupan cicilan per bulan, brp lama bekerja, pegawai tetap/bukan, dsb....

    ngalir aja kaya' ngobrol sama temen.... :)

    BalasHapus
  29. klw proses BI Checking itu setelah kita interview atau sesudah kita interview y mbak??

    BalasHapus
  30. mbak, kalau proses pengecekan di BI Checking itu setelah interview atau sebelum interview y mbak? kira2 berapa lama proses persetujuannya mbak setelah kita interview?

    BalasHapus
  31. Masalah bagi hasil saya lupa pastinya,,, nanti InsyaAllah saya lihat lagi di daftarnya ya :)


    Klo masalah BI checking, itu setelah interview.. berdasarkan pengalaman saya, persetujuannya tepat satu pekan setelah wawancara....

    BalasHapus
  32. Untuk Hasil setelah wawancara sampai di nyatakan OK oleh pihak Bank Berapa lama Yaaa?? Mohon infonyaa

    BalasHapus
  33. satu pekan setelah wawancara langsung dinyatakan bahwa permohonan kredit disetujui.... utk akad kredit sendiri, nunggu bangunan secara fisik selesai 100%

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang menghubungi mbak Pihak Developer atau pihak bank??

      Hapus
  34. pihak bank.. jd kita wawancara di bank yg ditunjuk..., seminggu kemudian bank nelpon memberikan keputusan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tERIma kasih informasinya. Nie saya tgl 12 kemarin wawancara tp sampai hari ini belum di telp oleh pihak bank.

      Hapus
    2. iya, mungkin beda2... tergantung banyak atau gk nya yg ngajuin kredit.... mudah2an segera dapet kabar baik y....

      Hapus
    3. Mohon info untuk suku bunga kpr btn syariah september 2013 ini berapa % ya mbak .. Apakah benar sekitar 13,5 % fixed sampai akhir tahun jatuh tempo? Sy pernah dengar segitu..

      Hapus
  35. mau tanya kalo KPR BTN Syariah, Harus punya tabungan di BTN syariah ya...
    apa BTN aja ga pa2... di daerahku ga ada BTN syariah sih... yang ada hanya BTN padahal minggu depan udah mau akad kredit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosesnya ruwet.. chekup kesehatan u asuransi jiwa nya. Aneh aneh aja mintanya. Udah dipenuhi persyaratanya masih aja minta tambah premi alasannya hasil ekg normal borderline.

      Hapus
    2. setahu saya, akadnya dilakukan di bank yg bersangkutan.. jd klo BTN syari'ah, maka akad jg dilakukan di BTN syari'ah (setelah dihubungi oleh pihak BTN syari'ahnya)... karena mmg ada perbedaan antara BTN syari'ah dan konvensional.. tp dulu, di bbrp bank BTN konvensional, membuka cabang utk pelayanan yg syari'ah (dalam gedung yg sama, tp beda pelayanan)

      Hapus
    3. wah.. kok bs ruwet gitu y? saya dulu nggak pake' tes kesehatan segala.... hanya wawancara sekali, langsung ACC, dan setelah rumah selesai langsung bs akad kredit....

      Hapus
    4. Ҩάƙ tau juga, kenapa dipersulit, padahal semuanya sdh sesuai dengan persyaratan asuransi.

      Kalau treadmill itu disebutkan u pinjaman 1 miliar lebih, tp ini cuma kurang dari 750jt koq ya dimintai tess treadmill.

      Trus kalau Ҩάƙ pake treadmill katanya suruh nambah berjuta" lagi..

      Terlalu mengada ada saja..

      Hasil EKG juga normal dan tdk ada kelainan apapun,
      Tau gitu Mending ke bank konvensional aja deh.

      Syari'ah tapi ruwet.. Dan mengada ada..  ••ƗƗååϑϑεεƗƗ•• X_X

      Hapus
    5. Kenapa juga asuransi dibebankan ke nasabah bukan ditanggung BTN syariah..

      *idea* HṀ̭̥̈̅̄ṁ̭̥̈̅̄н☀_☀нṁ̭̥̈̅̄ṁ̭̥̈̅̄ṁ̭̥̈̅̄

      Hapus
  36. Bukan masalah nominalnya Чª̣̣̥̇̊πƍ sy permasalahkan, tapi mengada adanya itu Ľºõõĥ .. Bikin geregetan. :P

    BalasHapus
  37. Thanks tuk infonya sangat membantu sekali ,buat sy yg awam ma kredit2x maklum blum pernah kredit2x ......semoga artikelnya bermanfaat bagi yg lain,dan yg nulis artikel ini mendapat pahala yg berlipat......amieeen

    BalasHapus
  38. Wah, aku di Palembang. Nih lagi nungguin pnggilan wawancara btn syariah. Dpnya 10juta +Adm 5jt.......mudah2an,ane juga sukses (Ada rumah)..... he he he..... total harga rumahnya,skrg 88juta. Tapi, developer bilang,awal taon 2014 gak Ada lagi rumah DG hrga dibwah 100juta.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin.. mudah2an lancar prosesnya.. dan segera mendapatkan rumah idaman yang barakah....

      iya... sekarang rata2 di atas 100juta....

      rumah dilokasi yang saya beli juga sekarang untuk tipe yang sama cicilannya mencapai 1 juta lebih perbulannya (awal 2014).

      Hapus
  39. Pengalaman Saya :

    Saya Realisasi Bulan Februari 2014 , KPR BTN Syariah Surabaya, Kredit : Rp. 500.000.000,- (Lima Ratus Juta) Jangka Waktu 15 Tahun, Angsuran per bulan : Rp. 6.801.700,- (kalau ditotal semuanya 180 x cicilan bisa mencapai 1 Miyar lebih..

    *Bagaimana Pendapat Admin.

    Apakah Saya Salah memilih KPR di Bank Syariah ini ? Apakah seharusnya saya memilih jangka Waktu yang lebih pendek (10 tahun) ? Atau gimana? Karena setelah realisasi saya baru menyadari bahwa semakin lama jangka waktu kredit, margin bank akan semakin tinggi dan mempengaruhi cicilan perbulannya.

    Saya sedikit menyesal kenapa tidak tau website ini sejak awal sehingga tau tata caranya.

    Apakah memang KPR BTN Syariah margin paling tinggi dari Bank Syariah Lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener sya jg ngambil BTN syariah harga rumah 386jt dengan margin 474jt jauh lebih besar dr harga rumahnya. .apa ada solusi ya buat bisa pindah bank atau gimanah jujur sya merasa keberatan juga ce ?

      Hapus
  40. Mba,ngga juga tuh dari interview,saya nunggu di ACC sampe 5 bulan baru ada kabar

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah lama jg ya? pengalaman saya kemaren pas satu pekan setelah interview..... kalau terlalu lama, mungkin kita bisa menghubungi ke pihak bank untuk mengingatkan

      Hapus
    2. Saya juga gitu mas... Enam bulan baru dapat kabar kalau sudah acc... Eeeh sampe sekarang udah 2 mingguan sp3 belum turun juga... Mohon pencerahan ya

      Hapus
  41. saya sudah keluar sp3 kurang lebih 1 bulan yang lalu , tapi untuk finishing rumah belum memenuhi syarat dan saya sedang proses komplain sampai sekarang rumah belum diberesin, sempet dari pihak developer minta untuk uang muka dilunasi, tapi saya menolak dikarenakan rumah masih belum layak ditempati, pertanyaanya ? kalau pelunasan uang muka setelah denger fik akad kredit bagaimana ? dan satu lagi untuk asuransi kebakaran dan lain lain kita sudah tidak terkena biaya tambahan kan ? karena sempet denger ada yang diminta tambahan uang 5 juta untuk tambahan biaya mengurus asuransi kebakaran lah , asuransi jiwa lah, mohon share pengalamanya, Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. ko ga ada balasan yaaaaaaaaaa

      Hapus
    2. Berdasarkan pengalaman.. mmg uang muka harus dilunasi maksimal sblm akad kredit.... jd bs saja menunggu ketika sdh siap akad baru melunasi..asalkan pas hari akad sdh dilunasi... dan mmg akad akan dilaksanakan saat rumah sudah finish dibangun

      Hapus
  42. Untuk biaya akad kredit kena berapa ya?trims

    BalasHapus
  43. Terimakasih infonya. Sgt jelas :-)

    BalasHapus
  44. biasanya pd saat mw akan akad gt di cek BI ceking lg gag sih mb?

    BalasHapus
  45. biasanya pd saat mw akan akad gt di cek BI ceking lg gag sih mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek BI dilakukan satu kali, setelah wawancara... setelah semua ok, baru dihubungi lg oleh pihak bank (sekitar satu pekan setelah wawancara) utk melakukan akad kredit....

      Hapus
  46. Apakah Anda memerlukan bantuan dan lelah menjadi kecewa? ...
    Kami menawarkan berbagai pinjaman kepada perusahaan, usaha kecil dan perusahaan, serta konsumen individu.
    Paket pinjaman kami dapat jangka baik panjang atau pendek, preferensi Anda inginkan.
    Kami menawarkan semua jenis pinjaman seperti pendidikan, bisnis, konsolidasi hutang dan pelaksanaan proyek pinjaman.
    kami memiliki kekayaan pengalaman dalam pinjaman meskipun internet iklan.
    Pendekatan kami adalah dinamis dalam sistem peminjaman internet telah membawa kita untuk secara signifikan memperluas jangkauan kami jasa penyewaan untuk membantu pelanggan komersial dengan semua kebutuhan keuangan mereka dan persyaratan.
    Jika Anda tidak memiliki uang muka, kredit macet, atau mungkin banyak utang, kita dapat menemukan program yang sempurna sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda! Kami menawarkan sejumlah pinjaman pada tingkat bunga yang sangat rendah.
    Kami telah dalam bisnis untuk pinjaman 10 tahun, dan tingkat tinggi pengalaman dan keahlian tidak bisa dipungkiri transfer pinjaman kepada semua klien kami di bawah kerangka waktu tertentu.
    Jangan biarkan kesempatan keuangan ini indah untuk berlalu begitu saja
    Adam Ketua Perusahaan Pinjaman.
    Email: (Adamchairmanloancompany@gmail.com) (Wc25380@gmail.com)
    KAMI MEMBERIKAN JAMINAN MAKSIMAL UNTUK TRANSAKSI BISNIS KAMI.

    BalasHapus
  47. Oia mbak nissa? 2 minggu kemaren saya wawancara dan sekarang saya lagi nunggu proses akad kredit dengan angsuran rumah 1.050.000. Karena gajiku tahun ini 2015 5.430.000 dan gaji istriku 3.300.000 makanyanya saya inisiatif kredit motor.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah saya bakal bisa ambil rumah tersebut soalnya disaat proses akad kredit rumah. Saya menambah pengin beli motor baru dan motor pun masih dalam proses juga.
    2. Motor saya buat pakai nama istriku.
    Terima kasih sebelumnya semoga tuhan selalu memberikan rezeki dan kesehatan untuk kita semua.

    BalasHapus
  48. Saya Fatimawati, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS.Who yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah QUALITYLOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu. Tapi qualityloan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: qualityloanfirm@asia.com. Email pribadi saya sendiri: fatimatu.said99@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  49. Mba, itu Kalau rumah Subsidi bisa juga pake KPR BTN Syariah?
    Saya udah terlanjur proses dengan developer dan pengajuan ke BTN Konvensional. Rencananya minggu depan wawancara.
    Misalnya saya niat pindah ke BTN Syariah, kira-kira bisa ngga ya? Belum akad kredit sih... Tapi perasaan agak gimana gitu. Pengennya pakai syariah

    BalasHapus
  50. Apakah kelebihan tanahnya bisa dicil selama masa kredit ? mohon informasinya teman

    BalasHapus
  51. Selamat siang, Saya seorang pemberi pinjaman uang pribadi terdaftar. Kami memberikan pinjaman untuk membantu orang, perusahaan yang perlu memperbarui status keuangan mereka di seluruh dunia, dengan Suku Bunga tahunan yang sangat Minimal Low 2% dalam waktu satu tahun sampai 30 tahun periode durasi pembayaran untuk setiap bagian dari dunia. Kami memberikan pinjaman dalam kisaran 5.000 euro € 100.000.000. Pinjaman kami diasuransikan dengan baik, untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami. Orang yang tertarik harus menghubungi kami melalui email: (24hourstloancompany1@gmail.com)

    Apakah Anda pernah ditolak oleh banyak bank
    Anda perlu membiayai untuk ekspansi bisnis Anda,
    Anda membutuhkan pinjaman pribadi

    Mengajukan pinjaman, turunkan rincian di bawah ini:
    1. Nama Lengkap
    2. Alamat
    3. Jumlah
    4. Durasi Masa
    5.Phone Nomor
    6. Pekerjaan

    Mrs Farida Stephen

    BalasHapus
  52. Dengar, tidak ada pemberi pinjaman di sini adalah bersedia untuk membantu Anda, bukan mereka hanya di sini untuk merobek Anda uang Anda sulit diperoleh. Suami saya dan saya mencari pinjaman dari lender online yang berbeda tetapi pada akhirnya, kami ditipu dan merobek uang kita dengan pinjaman perusahaan yang berbeda secara online.
    Kami bahkan meminjam uang untuk membayar ini lender online tapi pada akhirnya, kita punya apa-apa.
    Saya dan suami saya berada di utang dan kami tidak punya satu untuk lari ke bantuan, bisnis keluarga kami hancur dan kami tidak dapat untuk mendapatkan uang untuk memenuhi biaya sehari-hari sampai kami diperkenalkan kepada Ibu Amanda yang membantu kami dengan menawarkan kita tanpa jaminan pinjaman.
    Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana untuk mencapai Ibu Amanda atau mengikuti prosedur pinjamannya, Hubungi saya melalui email saya, faridaaguss@gmail.com
    Atau Anda dapat mengirim email ke Ibu Amanda di amandaloans@qualityservice.com atau amandarichardssonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  53. Bagaimana jika dp tidak lunas sebelum akad kredit pak?

    BalasHapus
  54. bagus infonya gan...untuk mengetahui informasi seputar KPR, silakan kunjungi http://www.infotentangbank.com/2016/03/tentang-kredit-pemilikan-rumah-kpr.html?m=1

    terima kasih

    BalasHapus
  55. Kesaksian !!! Kesaksian !!! kesaksian !!!
    Nama saya Endah Faridah, saya tinggal di jakarta Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang scammers karena mereka setiap tempat, beberapa bulan yang lalu aku finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan bernama pemberi pinjaman online. Saya kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman dia sangat handal disebut ibu Lucy Smith yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 150,988USD dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan angsuran pertama dari saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk silahkan hubungi Ibu Lucy Smith melalui: lucysmithloanfirm@gmail.com
    Awas! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: faridahendah007@gmail.com

    BalasHapus
  56. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kami meminjamkan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat yang sangat rendah 2%.
    Kami memberikan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan.
    Terapkan Sekarang Via Email: Maryharryloanfirm@gmail.com
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Mary

    BalasHapus
  57. Good Day Sir / Madam:
    Mendapatkan pinjaman yang sah selalu menjadi masalah besar Untuk klien
    yang memiliki kebutuhan keuangan. Masalah kredit dan agunan yang
    sesuatu yang klien selalu khawatir tentang ketika mencari pinjaman
    dari pemberi pinjaman yang sah. Tapi Joyce Roland Pinjaman Perusahaan telah membuat
    bahwa perbedaan dalam industri pinjaman. Kita dapat mengatur untuk pinjaman
    dari kisaran $ 5,000.00 sampai $ 500.000,00
    Layanan kami meliputi:
    Konsolidasi hutang
    Hipotek kedua
    Pinjaman Bisnis
    Pinjaman pribadi
    Pinjaman International
    Tidak ada jaminan sosial dan tidak ada pemeriksaan kredit, 100% Guarantee.All Anda harus
    lakukan adalah mari kita tahu persis apa yang Anda inginkan dan kami pasti akan membuat Anda
    mimpi yang menjadi kenyataan. Joyce Roland Pinjaman Perusahaan. mengatakan YES ketika bank Anda mengatakan TIDAK.
    Terakhir, kami mendanai skala kecil perusahaan pinjaman, perantara, skala kecil
    lembaga keuangan karena kita memiliki modal terbatas. Untuk selanjutnya
    Rincian untuk pergi tentang pengadaan kontak pinjaman kami, Mohon menanggapi
    segera email ini di: joycerolandloancompany@gmail.com.
    Terima kasih

    BalasHapus
  58. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  59. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  60. Halo, saya mary harry, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: maryharryloanfirm@gmail.com
    balasan...

    BalasHapus
  61. Halo, saya mary harry, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: maryharryloanfirm@gmail.com
    balasan...

    BalasHapus
  62. AKHIR TAHUN PINJAMAN DI RATE SANGAT RENDAH.
    Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? pinjaman untuk mendirikan sebuah bisnis baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman untuk lokal, internasional dan juga perusahaan pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    BalasHapus
  63. Pengaalaman yg cukup menarik.. semoga dilancarkan rizkinya ya... :)

    BalasHapus
  64. waah bagus ya ceritanya.. jadi gitu ya prosesnya.. :)

    BalasHapus
  65. Halo Semua, nama saya Jane alice seorang wanita dari Indonesia, dan saya bekerja dengan kompensasi Asia yang bersatu, dengan cepat saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua orang Indonesia yang mencari pinjaman Internet agar berhati-hati agar tidak jatuh ke tangan penipu dan fraudstars banyak kreditur kredit palsu ada di sini di internet dan ada juga yang asli dan nyata,

    Saya ingin membagikan testimonial tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk membayar pendaftaran. biaya. . , Biaya garansi, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya.

    Setelah berbulan-bulan berusaha mendapatkan pinjaman di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditor kredit genue online yang tidak akan meningkatkan rasa sakit saya jadi saya memutuskan untuk Hubungi teman saya yang mendapatkan pinjaman onlinenya sendiri, kami mendiskusikan kesimpulan kami mengenai masalah ini dan dia bercerita tentang seorang pria bernama Mr. Dangote yang adalah CEO Dangote Loan Company.

    Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar (Rp400.000.000) dengan tingkat bunga 2% rendah, tidak peduli berapa usiaku, karena saya mengatakan kepadanya apa yang saya inginkan adalah membangun bisnis saya dan pinjaman saya mudah disetujui. Tidak ada tekanan dan semua persiapan yang dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari 24 jam setelah mendapatkan sertifikat yang diminta dikembalikan, maka uang pinjaman saya disimpan ke rekening bank saya dan mimpiku menjadi kenyataan. Jadi saya ingin saran semua orang segera melamar kepada Mr. Dangote Loan Company Via email (dangotegrouploandepartment@gmail.com) dan Anda juga bisa bertanya kepada Rhoda (ladyrhodaeny@gmail.com) dan Mr. jude (judeelnino@gmail.com) dan Juga Pak Nikky (nicksonchristian342@gmail.com) untuk pertanyaan lebih lanjut

    Anda juga bisa menghubungi saya melalui email di ladyjanealice@gmail.com

    BalasHapus
  66. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  67. “Bismillah, ar-Rahman, ar-Rahim”.


    Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    BBM INVITES: {DDA46523}


    Firm: CREDIT FINANCIAL GROUP Dari meja kerja dan kantor CREDIT FINANCIAL GROUP tahun ini berjanji akan menjadi tahun lebih banyak uang di rekening bank Anda, hal ini karena kami mengelola CREDIT FINANCIAL GROUP memberikan pinjaman kepada semua orang yang memiliki kebutuhan finansial besar tahun baru ini untuk memulai bisnis satu atau dua bahkan untuk merenovasi rumah mereka juga untuk menghidupkan kembali bisnis mereka dan jangan takut pada pemasangan bulanan Anda karena kami memiliki paket khusus untuk mempersiapkan Anda atau bahkan memberi kuliah tentang bagaimana menginvestasikan uang Anda dengan sumber daya yang sangat tinggi. bisnis jadi tolong jangan hanya duduk di sana dan kemudian membiarkan orang lain untuk maju secara finansial mengatakan tidak pada kemiskinan tahun ini mengatakan tidak kepada hutang tahun ini tahun ini adalah tahun yang luar biasa yang bisa membawa kemasyhuran Allah tidak menyangka kita menjadi miskin ketimbang kita menjadi bijak dalam menghasilkan uang dan kemudian menginvestasikan uangnya dalam bisnis yang sangat menggiurkan sehingga melalui ini kita di sini untuk meminjamkan Anda karena CREDIT FINANCIAL GROUP dipenuhi dengan dana yang telah Anda cari anda bisa menghubungi kami melalui detil kontak di bawah ini

    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    BBM INVITES: {DDA46523}

    BalasHapus
  68. Kabar baik!! pencari pinjaman !!!

    Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel Bakery, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati Lady jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja bahwa saya mempunyai Ide bagus untuk memulai bisnis sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka sebesar jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor. Sepeda, yang membuat saya merasa kecewa
    Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan menipu dan menipu, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga

    Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta

    Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doaku dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer ke saya tanpa masalah.

    jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com

    Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    BalasHapus

Karena banyak yang mengalami kesulitan dalam mengisi komentar, berikut panduan singkatnya:
Untuk memberi komentar tanpa login, silahkan pilih 'Name/URL' pada kolom 'Beri komentar sebagai', lalu masukkan nama anda (URL silahkan dikosongkan). Kemudian masukkan komentar yang ingin disampaikan. Terimakasih

Memeluk Kenangan

Saat aku mencoba melupakan namun gagal, Saat itulah aku memutuskan untuk berhenti melupakan. Berdamai. Merangkai kisah dalam ...